Mengenal Lemak Baik Untuk Anak

Mengenal lemak baik untuk anak karena sangat penting untuk mengetahui asupan lemak yang dikonsumsi agar tidak jadi merugikan kesehatan terutama pertumbuhan pada anak.

Dalam kesempatan kali ini pihak alfian herbal akan memberikan informasi kesehatan yang akan meliputi seputar “mengenal lemak baik untuk anak”. Bagi bunda yang memiliki anak balita , bunda mesti mengenal lemak baik untuk anak untuk dikonsumsi. Berikut kami informasikan beberapa lemak yang baik untuk dikonsumsi anak.

mengenal lemak baik untuk anakMasa balita adalah masa pertumbuhan dan perkembangan yang berlangsung pesat sehingga membutuhkan semua zat nutrisi, termasuk lemak. Maka si kecil tak perlu menghindari makanan berlemak.

Bagi anak balita, banyak mengkonsumsi makanan berlemak atau kolestrol tidak akan membahayakan kesehatannya. Sebaliknya, kalau mereka tidak mengkonsumsi lemak, yang cukup , maka ia justru akan menderita kelainan atau gangguan akan keterlambatan pertumbuhan dan perkembangannya .

Bila si kecil Anda mulai mendapat makanan pada pertama atau makanan pedamping ASI , sebaiknya ia pun mulai diberi makanan yang mengandung kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, susu, daging, serta minyak atau lemak.

Mengenal Lemak Baik Untuk Anak

Manfaat lemak untuk tubuh, diantaranya :

  • Menunjang perubahan serta manfaat otak, berarti lemak baik untuk kecerdasan anak.
  • Semacam sumber daya yang berguna menolong anak dalam melakukan kegiatan harian mereka hingga tak cepat lelah
  • Menolong peyerapan beragam vitamin
  • Berikan rasa kenyang hingga bisa kurangi hasrat ngemil

Berbagai tipe makanan sumber lemak yakni :

  • Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, mede dan sebagainya yang disebut sumber nutrisi yang kaya lemak tidak jemu.
  • Alpukat, lemak dalam buah alpukat bisa menghalangi serta menghancurkan beberapa sel kanker mulut
    Algae serta tumbuhan laut yang lain di mana lemak yang terdapat di dalamnya bisa kurangi kemungkinan peyakit jantung
  • Mentega, lemak pada mentega berperan semacam anti-oksidan untuk tubuh
  • Ikan laut serta Minyak ikan, kaya bakal omega 3 yang baik untuk perkembangan serta perubahan manfaat otak anak
  • Kuning telur serta susu

-Lemak Penting Bagi Kecerdasan Anak
Selain bermanfaat sebagai sumber energi dan pelarut vitamin A,D,E,dan K oleh tubuh, lemak atau kolestrol juga dimanfaatkan dalam proses pembentukan empedu, plasma darah, jaringan otak serabut syaraf, hati, ginjal, serta kelenjar adrenalin.

Kekurangan kolestrol pada tubuh dapat mengakibatkan kemandulan apabila si kecil kelak tumbuh dewasa. Kandungan lemak dalam otak sebesar 50%, jenis lemas dalam otak adalah kolestrol, fosfogliserida, dan asam lemak tak jenuh jamak rantai panjang. Kadar jenis lemak tersebut di dalam otak sangat menentukan perkembangan otak si kecil.

-Mengenal Lebih Baik Soal Kolestrol
Kolestrol merupakan suatu bentuk lemak cair yang terkandung di dalam darah. Jadi, kolestrol beredar di dalam tubuh kita bersama dengan aliran darah. Apabila kadar kolestrol di dalam darah terlalu tinggi, maka kelebihannya akan mengendaap yang kelamaan akan mengeras di dinding pembuluh darah. Maka aliran darah akan terhambat karena pembuluh darah menyempit.

-Cukupi Kebutuhannya
Kolestrol sangat dibutuhkan oleh tubuh bayi dan balita untuk berbagai kebutuhan metabolisme termasuk dalam menentukan kecerdasaannya. Berdasarkan hasil penelitian oleh The Dietary Intervention Study in Childern dan dimuat dalam National Institute of Health Publication No. 94-2696, Agustus 1996, disarankan bahwa anak-anak dibawah usia 2 tahun sebaiknya tidak dibatasi makan makanan berlemak. Pembiasaan pola makan agar lemak tidak berlebihan dapat dimulai setelah 2 tahun.

Kebutuhan kalori oleh tubuh si kecil, sebaiknya dapat di penuhi melalui konsumsi kacang-kacangan, sereal, buah-buahan, sayuran, produk olahan susu berkadar lemak rendah, makanan kalsium tinggi, daging, ayam, ikan. Dengan menanamkan pola makan yang baik pada anak sedini mungkin, anda tidak perlu merasa khawatir terhadap ancaman-ancaman penyakit akibat kelebahan kolestrol.

Sumber lemak baik yang cukup mudah diperoleh, yaitu :

1. Lemak tak jenuh tunggal

Nama lain dari lemak ini adalah mono-unsaturated fat. Fungsinya adalah menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat atau biasa disebut LDL. HDL-pun akan meningkat kadarnya oleh lemak tak jenuh tunggal. Sumber lemak baik ini ada pada alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak wijen dan minyak canola.
* Minyak canola memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal sebanyak 60%, lemak tak jenuh ganda 34% dan lemak jenuh 6%. Sedangkan minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal 80%, lemak tak jenuh ganda 12% dan lemak jenuh 6%.
* Minyak zaitun memiliki berbagai pilihan, diantaranya minyak zaitun murni, minyak zaitun dan minyak zaitun ringan. Jika Anda ingin menggunakan minyak zaitun untuk menumis, memanggang dan menggoreng, minyak zaitun murni adalah pilihan yang tepat dan merupakan minyak zaitun yang berasal dari perasan pertama dari buah zaitun. Minyak zaitun memiliki rasa yang lebih ringan dibandingkan minyak zaitun murni dengan warna yang lebih kuning.
Memang, harga minyak zaitun lebih mahal dibanding minyak yang lain. Mencapai Rp.30.000,00 per 150 ml. Bahkan bagi yang ingin mengonsumsinya langsung, dapat mengonsumsinya dalam bentuk soft capsul. Lebih praktis dan dikonsumsi dalam komposisi aslinya.

2. Lemak tak jenuh ganda

Lemak ini biasa disebut dengan poly-unsaturated fat. Lemak yang termasuk adalah lemak omega 3 dan lemak omega 6. Contoh lemak omega 3 adalah EPA dan DHA. DHA penting bagi pertumbuhan anak dan meningkatkan kemampuan kognitif otak. Sumber lemak baik ini adalah mackerel dan sarden. Ikan salmon juga sumber lemak tak jenuh ganda yang baik walau harganya lebih mahal dari mackerel dan sarden. Lemak omega 6 berperan dalam kesehatan kuku, kulit dan rambut. Terdapat dalam minyak canola, minyak jagung dan minyak kedelai.

Jaga keseimbangan antara lemak baik dan lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh agar anak terhindar dari resiko obesitas. Kenaikan berat badan secara berlebihan pada anak merupakan salah satu tanda bahwa lemak jahat lebih banyak dari pada lemah baik di dalam tubuh. Ajak anak untuk melakukan rutinitas harian yang banyak bergerak untuk mengurangi lemak jahat di dalam tubuh, alihkan keinginan anak untuk ngemil dengan kegiatan lain serta jaga pola makan anak dengan mengatur menu yang dapat membuat anak merasa kenyang sehingga anak tidak banyak ngemil makanan lainnya.

Terus kunjungi situs https://obathaidtidaklancarblog.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga : Tips Menyehatkan Organ Pencernaan

Mengenal Lemak Baik Untuk Anak

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s