Resiko Haid Tidak Lancar Pada Wanita

Resiko Haid Tidak Lancar Pada Wanita

Resiko haid tidak lancar pada wanita | Banyak wanita di dunia yang mengalami siklus haid tidak teratur dan memiliki rasa nyeri yang sangat sakit saat mentruasi, jika anda mengalaminya tidak dilakukan pemeriksaan untuk kelanjutannya, siklus yang tidak teratur ini dapat mengakibatkan anda kesulitan untuk memiliki keturunan, karena ketidaksuburan ini. Dengan mengalami siklus haid yang tidak lancar ini bukan tidak mungkin akan menimbulkan masalah yang serius untuk kedepannya, di antaranya bukan hanya akan kesulitan memiliki anak tapi juga dapat mengakibatkan menderita penebalan endometrium (hiperplasi endometrium) dan kanker endometrium.

Saat anda mengalami haid yang tidak lancar ini tentu akan menjadi suatu masalah yang perlu untuk diperhatikan bagi setiap kaum wanita. Penting bagi wanita untuk mencatat serta mengetahui setiap masa menstruasi yang dialaminya lamanya waktu menstruasi, jarak interval dari siklus menstruasi per setiap bulannya, atau rasa sakit yang sering ditimbulkannya. Mencatat riwayat siklus menstruasi ini tentu akan membantu anda untuk mengatasi masalah yang mungkin akan terjadi akibat adanya siklus menstruasi yang tidak teratur ini.

resiko haid tidak lancar pada wanitaBiasanya untuk siklus menstruasi tidak lancar, siklus haid teratur atau siklus haid tidak teratur pedoman kita minimal 3 periode (3 bulan). Rentang waktu siklus menstruasi/haid yang normal adalah 21 – 35 hari untuk terjadi menstruasi berikutnya. pada lanjutan dibawah ini anda akan mengetahui apakah anda mengalami haid atau menstruasi tidak teratur.

Menstruasi yang tidak teratur umumnya indikasi ketidakseimbangan hormon, tidak selalu berhubungan dengan menopause. Sebenarnya, perempuan tidak dianggap menopause sampai mereka telah pergi selama satu tahun tanpa periode menstruasi.

Berbagai faktor dapat bertanggung jawab untuk menstruasi yang tidak teratur, diantaranya:

  • Berat badan yang signifikan atau penurunan
  • Kurang gizi (atau diet terlalu tinggi karbohidrat)
  • Penggunaan narkoba
  • Penggunaan alkohol berlebihan (mengganggu bagaimana hati memetabolisme estrogen dan progesteron)
  • Sindrom ovarium polikistik / dominasi Estrogen
  • Kelainan rahim (fibroid / kista / polip / endometriosis)
  • Ketidakseimbangan hormon yang berhubungan dengan perimenopause

Karena menstruasi berhubungan dengan hormon maka kita perlu memastikan bahwa kondisi fisik dan psikis tetap optimal, beberapa cara untuk meminimalisir terjadinya haid yang tidak lancar anda dapat melakukan di antaranya dengan pola makan teratur, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, jangan melakukan pekerjaan berat yang menguras energi terutama menjelang datangya menstruasi karena akan menganggu kerja hormon dalam tubuh.

Terimakasih atas kunjungannya semoga kutipan artikel kami bisa bermanfaat. Terus kunjungi situs https://obathaidtidaklancarblog.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya.

Resiko Haid Tidak Lancar Pada Wanita

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s